STUKTUR DATABASE: Query



Struktur database adalah cara yang terstruktur dan terorganisir dalam menyimpan, mengatur, dan mengelola data dalam sebuah database. Struktur database mengatur bagaimana data disimpan dalam tabel, bagaimana tabel saling terkait, dan bagaimana data dapat diambil atau dimodifikasi dengan efisien.

APA ITU QUERY DATABASE?

Query database adalah perintah atau pernyataan yang digunakan untuk mengambil data dari sebuah database atau melakukan manipulasi data di dalamnya. Query database memungkinkan pengguna untuk mengakses data dengan mudah dan efisien, tanpa harus memeriksa seluruh database secara manual. 

Query database terdiri dari beberapa elemen utama, yaitu:

1. SELECT: pernyataan yang digunakan untuk memilih kolom yang ingin ditampilkan pada hasil query. 

Contoh query untuk menampilkan data dari tabel produk:


Query ini akan mengambil semua data dari tabel produk dan menampilkannya dalam bentuk tabel.

2. FROM: pernyataan yang digunakan untuk menentukan tabel mana yang ingin diambil data dari-nya. Contoh Query ini bisa dilihat di contoh Query Select, disittu terdapat "FROM" pada Querynnya.

3. WHERE: pernyataan yang digunakan untuk menentukan kriteria atau kondisi untuk memfilter data yang ingin diambil. 

Contoh query untuk menampilkan data dari tabel produk yang memiliki stok lebih dari 10:


Query ini akan menampilkan semua data dari tabel produk yang memiliki nilai stok_produk lebih dari 10.

4. JOIN: pernyataan yang digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih tabel dalam sebuah query.

Contoh query untuk menampilkan data dari tabel transaksi dan pelanggan, dengan menggabungkan data dari kedua tabel berdasarkan id_pelanggan:

SELECT transaksi.id_transaksi, pelanggan.nama_pelanggan, transaksi.total_transaksi

FROM transaksi

JOIN pelanggan ON transaksi.id_pelanggan = pelanggan.id_pelanggan;

Query ini akan mengambil data dari tabel transaksi dan pelanggan, dan menggabungkan data dari kedua tabel berdasarkan id_pelanggan. Hasilnya adalah data yang menampilkan id_transaksi, nama_pelanggan, dan total_transaksi untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh pelanggan.

5. ORDER BY: pernyataan yang digunakan untuk mengurutkan data berdasarkan kolom tertentu pada urutan tertentu (ascending atau descending). 

Contoh query untuk menampilkan data dari tabel produk diurutkan berdasarkan harga_produk:



Query ini akan menampilkan semua data dari tabel produk, diurutkan berdasarkan harga_produk dari yang terendah ke yang tertinggi (ASC).

6. GROUP BY: pernyataan yang digunakan untuk mengelompokkan data berdasarkan nilai pada kolom tertentu. 

Contoh query untuk menghitung total penjualan untuk setiap produk, dengan mengelompokkan data berdasarkan nama_produk:



Query ini akan mengambil data dari tabel detail_transaksi dan produk, dan menghitung total penjualan untuk setiap produk dengan mengalikan jumlah_produk dengan harga_produk, dan mengelompokkan data berdasarkan nama_produk. Hasilnya adalah data yang menampilkan nama_produk dan total_penjualan untuk setiap produk.


7. HAVING: pernyataan yang digunakan untuk menentukan kondisi untuk memfilter data yang telah di-group oleh GROUP BY.

Contoh Query Having :

Menampilkan data jumlah penjualan produk yang terjual lebih dari 100 unit


Query ini akan menghitung jumlah penjualan produk pada tabel "penjualan", mengelompokkannya berdasarkan produk, dan menampilkan hasil dalam bentuk tabel. Query HAVING digunakan untuk memfilter hasil yang memiliki total penjualan lebih dari 100 unit.

Beberapa jenis query database yang sering digunakan antara lain SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE, dan JOIN. SELECT digunakan untuk mengambil data dari tabel. INSERT digunakan untuk menambahkan data ke dalam tabel. UPDATE digunakan untuk memperbarui data yang sudah ada di dalam tabel. DELETE digunakan untuk menghapus data dari tabel. Sedangkan JOIN digunakan untuk menggabungkan data dari dua atau lebih tabel.

Query database sangat penting dalam penggunaan database karena dapat membantu pengguna untuk mengakses data dengan mudah dan efisien serta membantu dalam melakukan manipulasi data. Dengan menggunakan query database, pengguna dapat menyelesaikan banyak tugas terkait data dalam waktu yang lebih singkat dan efisien.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Pengertian, Sejarah ,Fungsi Bahasa Pemograman Java

Istilah - Istilah dalam Configuration local storage and Configuration File System

Pengertian Restful Api, Fungsi Restful Api dll.