Istilah - Istilah dalam Configuration local storage and Configuration File System

APA ITU LUN ?

Kata LUN itu sendiri adalah logical unit number. Nomor unit logic merupakan pusat pengelolaan array penyimpanan blok yang dibagikan melalui Storage Area Network (SAN).

LUN sendiri digunakan untuk mengidentifikasi subset data dalam disk sehingga perangkat komputasi yang menggunakannya dapat menjalankan operasi.

JENIS - JENIS LUN

Struktur penyimpanan yang mendasarinya dan tipe unit logis berperan dalam kinerja dan keandalan. Beberapa contoh termasuk:

  • Mirror LUN : LUN toleran-kesalahan dengan salinan identik pada dua drive fisik untuk redundansi dan cadangan data.
  • Concatenated LUN : Menggabungkan beberapa LUN menjadi satu unit atau volume logis.
  • Striped LUN : Menulis data di beberapa drive fisik, berpotensi meningkatkan kinerja dengan mendistribusikan permintaan I/O di seluruh drive.
  • Striped LUN with parity : Menyebarkan data dan informasi paritas di tiga atau lebih drive fisik. Jika drive fisik gagal, data dapat direkonstruksi dari informasi pada drive yang tersisa. Perhitungan paritas mungkin berdampak pada kinerja menulis.

APA YANG DIMAKSUD WWN ?

World Wide Indetifier Atau disingkat (WWN) adalah pengindentifikasi unik yang digunakan dalam teknologi penyimpanan termasuk  Fibre Channel, Parallel ATA, Serial ATA, NVM Express, SCSI dan Serial Attached SCSI (SAS).

APA YANG DIMAKSUD WWPN ?

World Wide Port Name atau disingkat dengan (WWPN) adalah pengidentifikasi unik untuk setiap port Fibre Channel yang disajikan ke Storage Area Network (SAN). Setiap port pada Perangkat Penyimpanan memiliki WWPN yang unik dan persisten.

PERBEDAAN WWN DAN WWPN 

WWPN (nama port seluruh dunia) adalah pengidentifikasi unik untuk port saluran serat di mana WWN (nama seluruh dunia) pengidentifikasi unik untuk node itu sendiri. Akan ada dua WWPN (satu untuk setiap port) dan hanya satu WWN untuk kartu itu sendiri. … Sebenarnya oktet pertama yang berubah.

APA ITU SAN ?

Storage Area Network atau bisa kita singkat dengan SAN, SAN adalah sebuah jaringan berkecepatan sangat tinggi yng khusus, terdiri dari server dan penyimpanan (storage). tujuan utama SAN adalah untuk menangani trafik data dalam jumlah besar antara server dan peralatan penyimpanan, tanpa mengurangi bandwidth yang ada di LAN/WAN.

APA ITU VSAN?

Virtual  Storage Area Network disingkat dengan VSAN, adalah  feature dari VMWARE. vSAN adalah cara atau teknologi untuk menggabungkan beberapa datastore di dalam ESXI menjadi 1 tempat yaitu VSAN menghemat biaya dan pengelolaan. seperti konsep SAN (Storage Area Network) dia menggabungkan beberapa server menggunakan fiber-channel untuk berkomunikasi dengan antar node di dalam datacenter.

PERBEDAAN ANTARA SAN DAN VSAN 

SAN :

  • Memerlukan Network Attached Storage (NAS) eksternal atau volume penyimpanan file untuk mengalokasikan ruang penyimpanan untuk beban kerja terstruktur
  • Migrasi, jika perlu, cenderung cukup rumit dan rawan kesalahan
  • Ini perangkat keras tetap. Anda tidak dapat meningkatkan kemampuan pemrosesan atau memori sistem, tetapi Anda dapat meningkatkan penyimpanan dengan menambahkan larik penyimpanan, Dengan alat SAN internal, Anda tidak perlu khawatir tentang biaya jalan keluar, keamanan server fisik, atau masalah latensi

VSAN :

  • Membuat kumpulan penyimpanan menggunakan sumber daya penyimpanan yang tersedia untuk dialokasikan ke mesin virtual (VM)
  • Migrasi, jika diperlukan, relatif lebih mudah
  • Volume vSAN fleksibel. Anda dapat menyesuaikan sumber daya yang dialokasikan dengan mudah dan menambahkan lebih banyak prosesor, memori sistem, atau penyimpanan
  • VSAN dapat diterapkan di cloud publik dalam pengaturan tanpa server sepenuhnya.

APA ITU MULTIPATH ?

Multipath adalah teknik toleransi kesalahan yang umumnya bertujuan untuk mencadangkan koneksi server fisik dengan penyimpanan. Ketika terjadi kerusakan pada kabel serat, penting agar server tidak kehilangan akses ke penyimpanan dan menjaga aksesibilitas. Itu sebabnya sistem seperti bank dan situs e-commerce global menggunakan multipath.

APA ITU  ULTRAPATH ?

UltraPath meningkatkan keandalan transfer data, memastikan keamanan jalur antara server aplikasi dan sistem penyimpanan, dan memberi pelanggan solusi manajemen jalur yang mudah digunakan dan sangat efisien untuk membawa kinerja server aplikasi dan sistem penyimpanan ke dalam permainan penuh, memaksimalkan laba atas investasi (ROI)

PERBEDAAN MULTIPATH DAN ULTRAPATH.

Multipathing dapat membantu penyeimbangan muatan dengan menyebarkan I/O di berbagai jalur untuk mengurangi latensi, selain menjadi alat failover yang praktis.

Ultrapath Itu dapat menangani dan melakukan pembuatan/penghapusan disk sistem operasi dan pengiriman I/O. UltraPath memiliki kemampuan multipathing.

APA ITU LVM ?

Lvm atau Logical Volume Manager adalah Manajemen hardisk yang bisa mengatur partisi dari satu atau beberapa buah hardisk menjadi partisi baru yang mudah dirisize.LVM datang menjadi partisi lebih Fleksibel. 

APA ITU NON LVM ?

Non-LVM atau disebut dengan dengan standar partition kebalikannya dari LVM dimana untuk non-LVM Anda tidak dapat melakukan extend volume root dan biasanya jika terdapat expand maka solusinya melakukan mount ke direktori tertentu. non-LVM dapat digunakan jika dalam kondisi Anda tidak berencana atau tidak akan menambahkan kapasitas pada disk atau storage.

PERBEDAAN LVM DAN NON LVM

Kelebihan Non  LVM:

  • Mudah untuk menginstal ulang sistem operasi
  • Pencadangan lebih sederhana
  • Keamanan yang dapat ditingkatkan
  • Organization yang lebih baik
  • Install beberapa sistem operasi dengan mudah
  • Menggunakan beberapa sistem file

Kelebihan LVM:

  • Memungkinkan Anda mengelola dan memanfaatkan ruang disk fisik secara efisien.
  • Mampu membuat logical volume yang kapasitasnya dapat ditingkatkan atau dikurangi tergantung kebutuhan Anda.
  • Jika Anda bermaksud untuk menyimpan cadangan data Anda pada beberapa logical volume, maka Anda dapat increase ketersediaan data Anda.
  • Perangkat fisik ataupun volume baru dapat dengan mudah ditambahkan di bawah grup volume tanpa waktu henti (zero downtime) dan tanpa gangguan layanan apa pun (service disruption).

  • LVM memungkinkan Anda untuk mempartisi satu perangkat fisik menjadi beberapa partisi logis serta memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan beberapa perangkat fisik ke dalam satu grup volume.
  • Logical Volume juga dapat diubah ukurannya secara dinamis, sehingga Anda dapat memulai misalnya dengan partisi kecil dan mengkonfigurasinya untuk diperluas (expand) saat data ditulis di dalamnya.
  • Sejumlah disk dan partisi dapat disatukan menjadi satu disk besar, atau satu disk fisik dapat dengan cepat dipecah menjadi banyak partisi dengan ukuran berapa pun.

PENGERTIAN FILE SYSTEM

File System merupakan Stuktur logika yang digunakan untuk mengendalikan akses terhadap data  pada disk. Atau lainnya file sistem juga disebut database penyimpanan, pengelolaan, manipulasi atau pengambilan data.

Hubungan antara sistem operasi dengan sistem file adalah sistem file (file system) merupakan interface yang menghubungkan sistem operasi dengan disk. Ketika program menginginkan pembacaan dari hard disk atau media penyimpanan lainnya, sistem operasi akan meminta sistem file untuk mencari lokasi dari file yang diinginkan. Setelah file ditemukan, sistem file (file system) akan membuka dan membaca file tersebut, kemudian mengirimkan informasinya kepada sistem operasi dan akhirnya bisa dibaca oleh pengguna.

TIPE-TIPE  FILE SYSTEM YANG SERING DIGUNAKAN  DI LINUX :

1. Ext2

EXT2 juga merupakan salah satu file system yang paling ampuh dan menjadi dasar dari segala distribusi linux. Pada EXT 2 file system, file data disimpan sebagai data blok. Data blok ini mempunyai panjang yang sama dan meskipun panjangnya bervariasi diantara EXT2 file system, besar blok tersebut ditentukan pada saat file system dibuat dengan perintah mk2fs.

2. Ext3

EXT3 merupakan peningkatan dari EXT2 file system dan EXT3 merupakan pengembangan dari EXT2.

3. Ext4

File system EXT4 yang biasa digunakan linux merupakan file system ke empat yang dikembangkan sebagai penerus EXT3.

4. JFS (Jurnalis file system)

Journal File System atau JFS adalah 64-bit file system journal yang dibuat oleh IBM . Ini tersedia sebagai perangkat lunak bebas di bawah ketentuan GNU General Public License (GPL). JFS adalah system file journaling, JFS memiliki kemampuan yang cepat dan handal, dengan kinerja yang baik secara konsisten dalam berbagai jenis beban, bertentangan dengan file system lain yang tampak nya lebih baik dalam pola penggunaan khusus, misalnya dengan file kecil atau besar.

5. Reiser Fs

Dirancang oleh Hans Reiser dan diperkenalkan dalam versi 2.4.1 dari kernel Linux, merupakan sistem file pertama journal untuk disertakan di kernel standar. ReiserFS adalah file default sistem di Yoper Elive, Xandros, Linspire, GoboLinux, dan distribusi Linux.

PENGERTIAN PARTED

Parted adalah alat baris perintah terkenal yang memungkinkan Anda mengelola partisi hard disk dengan mudah. Ini dapat membantu Anda menambah, menghapus, mengecilkan, dan memperluas partisi disk bersama dengan sistem file yang ada di dalamnya. Parted telah pergi jauh dari saat pertama kali keluar.

PENGERTIAN FDISK

fdisk juga dikenal sebagai format disk adalah perintah berbasis dialog di Linux yang digunakan untuk membuat dan memanipulasi tabel partisi disk. Ini digunakan untuk melihat, membuat, menghapus, mengubah, mengubah ukuran, menyalin, dan memindahkan partisi pada hard drive menggunakan antarmuka berbasis dialog. Untuk Membuat ruang untuk partisi baru.

PENGERTIAN NFS

NFS adalah singkatan dari Network File System, sebagai sarana untuk berbagi file pada lingkungan kerja diskless. NFS menyediakan sarana untuk berbagi file antar jaringan, sehingga suatu mesin dapat mengakses file-file di mesin lain seolah-olah mengakses file sistem lokal.











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Pengertian, Sejarah ,Fungsi Bahasa Pemograman Java

Pengertian Restful Api, Fungsi Restful Api dll.