Scope pada Linux

 Halo semua balik lagi sama aku, sekarang kita akan membahas tentang beberapa hal yang seperti dibawah ini :

1. NTP (Network Time Protocol)

NTP adalah protokol yang digunakan untuk pengsinkronan waktu di dalam sebuah jaringan bisa pada jaringan LAN (Local Area Network) maupun pada jaringan internet dan untuk sinkronisasi jam-jam sistem komputer di atas paket-switching, variabel-latency jaringan data. Proses sinkronisasi ini dilakukan di dalam jalur komunikasi data yang biasanya menggunakan protokol komunikasi data yang hanya melakukan pertukaran paket-paket data saja.

2. Repository

Repository merupakan tempat penyimpanan dari kumpulan sofware/aplikasi yang bisa di download untuk digunakan atau dapat diartikan sebuah arsip sofware yang pada media penyimpanan atau internet. Jadi saat ini jenis repository terdiri dari dua yaitu repository offline yang memiliki bentuk fisik seperti perpustakaan, penyimpanan buku, hasil penelitian seperti skripsi, tesis dan disertasi, jurnal dan karya tulis ilmiah lainnya.

3. Swap

Swap itu sendiri adalah Ruang pada Hardisk yang dijadikan ruang virtual memory yang digunakan ketika komputer/laptop membutuhkan lebih banyak memory.Kegunaan pada Swap itu sendiri adalah Memory tambahan bagi aplikasi yang berjalan , Hibernasi , dan Juga bisa Mengoptimalkan penggunaan pada memori, dan Mengoptimalkan kinerja Swap. Swap berbentuk File ataupun Partisi.

4.VDO(Virtual Data Optimizer)

VDO adalah modul kernel yang dapat mengurangi bandwidth replikasi dan menghemat ruang disk. VDO adalah program yang berada di atas perangkat penyimpanan blok apa pun dan melakukan tiga tugas:

1. eliminasi nol-blok,

2. deduplikasi blok berlebihan,

3. kompresi data.

Ini adalah langkah penting dalam proses reduksi data yang memungkinkan VDO menurunkan jejak penyimpanannya. Tahapan ini diterapkan secara inline dan on-the-fly oleh VDO.

5.Tuned Profile

Tuned adalah fitur Linux yang memantau sistem dan mengoptimalkan kinerjanya di bawah beban kerja tertentu. Tuned menggunakan profil untuk melakukan ini. Profil adalah seperangkat aturan yang menentukan parameter sistem tertentu seperti pengaturan disk, parameter kernel, pengaturan pengoptimalan jaringan, dan banyak aspek sistem lainnya.

6. Selinux

Selinux singkatan dari Security Enhanced Linux Dari kepanjangannya kita dapat mengetahui bahwa Seliinux ini merupakan peningkatan keamanan dari security system yang ada di Linux. Permasalahan bisa muncul jika karena kecerobohan user maka file yang seharusnya dapat dibaca sendiri dan group dapat dibaca oleh orang lain pada group yang berbeda. Begitu juga file-file sensitif konfigurasi system juga dapat dibaca oleh pengguna biasa. Hal inilah yang memunculkan kebutuhan untuk peningkatan keamanan Linux.

7. Crontab

Crontab adalah daftar perintah yang ingin kita jalankan secara teratur, dan juga nama perintah yang digunakan untuk mengelola daftar tersebut. Crontab adalah singkatan dari "cron table", karena menggunakan cron penjadwal pekerjaan untuk menjalankan tugas; cron sendiri dinamai “chronos,” kata Yunani untuk waktu. cron adalah proses sistem yang secara otomatis akan melakukan tugas untuk Anda sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Jadwal tersebut disebut crontab, yang juga merupakan nama program yang digunakan untuk mengedit jadwal tersebut.

8. Auto Fs

Auto Fs adalah layanan sisi klien yang secara otomatis memasang sistem file yang sesuai. Ketika klien mencoba mengakses sistem file yang saat ini tidak dipasang, sistem file autofs memotong permintaan dan memanggil automountd untuk memasang direktori yang diminta.

9. Journal

Journal adalah komponen systemd, Journal merupakan lokasi terpusat semua pesan yang di catat oleh komponen yang berbeda dalam sistem Linux yang di aktifkan oleh Systemd.

10. Container

Container adalah semacam Sofware yang membungkus atau mengemas serta mengisolasi aplikasi secara virtual untuk mempermudah sofware kegunaan menggunakan container itu sendiri adalah Container memberikan cara utk mengemas aplikasi secara terstruktur dan logis sehingga aplikasi ini tidak lagi tergantung lagi dengan configurasi komputer operating system tertentu untuk dapat berjalan secara sempurna dan container juga Container software yang sama dapat di jalankan di sebuah environment yang sama

11. Service Management System

Service Management System atau SMS adalah sistem manajemen yang mencakup semua yang dimaksudkan untuk menyatukan semua aspek manajemen organisasi seperti perencanaan,strategi,kebijakan.dokumentasi,dan proses.

12. Firewall

Firewall adalah sistem keamanan pada jaringan,Secara garis besar, cara kerja firewall adalah menyaring data atau paket (packet), sehingga komputer dapat mengakses data yang tergolong aman dan menolak data yang bisa menyerang keamanan komputer, Fungsi Firewall sendiri diantara lain pencegahan konten yang membahayakan, melakukan pengawasan pada Bandwith.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Pengertian, Sejarah ,Fungsi Bahasa Pemograman Java

Istilah - Istilah dalam Configuration local storage and Configuration File System

Pengertian Restful Api, Fungsi Restful Api dll.