Sejarah perkembangan komputer dari masa ke masa

Tidak mungkin dijaman sekarang orang awam tidak banyak mengetahui tentang teknologi ? Masa sih gatau, ini yang digunakan oleh kalian itu teknologi bukan? Teknologi berupa misalnya Hp, Laptop , Komputer dll. Nah seputar dunia teknologi gimana kalo kita bahas Tentang Sejarah Komputer? Agar kalian tidak cuma memakai doang tapi tidak tahu sejarahnya kan sayang banget ya kalo kita tahu asal - usulnya, orang kita aja pengen tahu perasaan kita dibales sama si dia atau tidak wkwkwk .Yuk kita bahas Sejarah Komputer itu seperti apa?


  • Perkembangan Komputer Generasi Pertama 



Diatas ini adalah komputer generasi pertama komputer generasi pertama ini menjadi digital elektronik yang dipakai untuk kebutuhan paling umum. Program ENIAC ini sudah di rancang pada tahun 1942 namun dimulai baru di tahun 1943 dan selesai pada tahun 1946 . Bentuk program ENIAC memiliki ukuran sangat besar bahkan pada peletakkan program ini membutuhkan ruang seluas 500 m2. ENIAC juga menggunakan 75.000 relay dan saklar, 18.000 tabung, 70.000 resistor, dan 10.000 kapasitor. Saat memulai pengoperasian, ENIAC membutuhkan daya listrik sangat besar, yaitu sekitar 140 kW. Dana yang dibutuhkan untuk membuat perangkat tersebut mencapai 1 juta dollar.

  • Perkembangan Komputer Generasi Kedua 

Sejarah komputer pertama berawal dari abad ke-19, Komputer berasal  dari kata 'to compute' yang artinya berhitung / mesin berhitung.  ketika Charles Babbage mencoba untuk mendesain komputer mekanik yang bernama Mesin Analitikal. Desain ini menjadi basis kerangka desain komputer sekarang untuk digunakan pada akademi militer pada tahun 1946 - 1959 . Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut bahasa mesin. Adapun bisa kita lihat gambar komputer pertama di dunia menggunakan tabung vakum Saat itu komputer generasi pertama digunakan untuk akademi atau militer. seperti Komputer Atanasoff-Berry dibuat pada tahun 1937 untuk menyelesaikan sistem persamaan linear dan komputer Colossus untuk memecahkan kode rahasia Jerman Nazi. Perlu kita bahwasaannya diciptakan pada tahun 1946 menggunakan tabung vakum sebagai dasar pembuataanya. Selain itu, komponen ini membutuhkan daya listrik sangat besar dalam pengoperasiannya. Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) merupakan salah satu contoh komputer generasi yang pertama. Komputer generasi pertama diciptakan oleh J.Presper Eckert dan John Mauchly di University of Pennsylvania. Mereka berdua membangun ENIAC dengan menggunakan 18.000 tabung vakum dengan ukuran 1800 kaki dan mempunyai berat yang mencapai sekitar 30 ton.
  • Perkembangan Komputer Generasi Ketiga
Nah kita sudah tahukan pada generasi kedua Komputer menggunakan Transistor tetapi akibat perkembangan jaman dan kebutuhannya berbeda pasti ada kalo kita sebut dengan versi pada masanya terus pada generasi ketiga itu menggunakan apa? oke kita bahas.. Dikutip dari wikipedia, Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instruments, mengembangkan sirkuit terpadu pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. Generasi Komputer ketiga dimulai pada tahun 1965 yang mana komputer dibuat menggunakan Integrated Circuit (ICs). Teknologi ini menggeser fungsi transistor sebagai komponen dasar komputer. Transistor masih tetap digunakan tapi ukurannya diperkecil. Beberapa transistor yang berukuran kecil tersebut dimasukkan di IC, bersamaan dengan resistor dan kapasitor. Komputer generasi ketiga menjadi komputer pertama yang membuat operator dapat berinteraksi menggunakan keyboard dan monitor dengan tampilan sistem operasi. Selain itu, komputer ini membutuhkan biaya lebih murah sehingga dapat dijangkau masyarakat u Kita lihat lagi yuk Komputer pada generasi ketiga penasaran kan.


  Disini udah kelihatan banget kalo ini mau masuk dunia teknologi masa kini ya.



  • Perkembangan Komputer Generasi Keempat



Kita sadar tidak sadar bahwa komputer yang kita pake sekarang itu adalah komputer generasi ke-4. Yang mana dibuat dengan menggunakan komponen dasar bernama Microprosesor. Chip microprosesor memiliki ribuan transistor dan beberapa macam elemen sirkuit yang mana saling terhubung menjadi satu. Ciri - Ciri pada Komputer Generasi Ke empat ini berikut 
  • Sudah memakai semikonduktor dan mikro processor yang berbentuk seperti chip untuk memorinya.
  • Dapat menggunakan LSI (Large Scale Integration). 
  • Dipasarkan pada sektor perorangan.
  • Muncul komputer terbaru yang lebih efisian dan mudah dibawa kemana pun, seperti laptop.

Kalian udah sering liat benda yang di atas kan? mana nih anak warnet absen wkkwkw , nah yang kita diatas ini adalah komputer generasi keempat atau masa kini lah ya. Pada tahun 1971, IBM menciptakan komputer yang didesain khusus untuk kalangan rumahan. Sedangkan Apple mempublikasikan Macinthos untuk pertama kalinya pada tahun 1984, yaitu sebuah sistem operasi agar dapat dijalankan dari perangkat komputer. Banyak sekali kemajuan pesat yang terjadi pada generasi ini, seperti diciptakannya mouse, GUI (Graphical User Interface) hingga komputer jinjing yang disebut dengan laptop. Bahkan prosesor atau CPU pun mengalami perkembangan dari waktu ke waktu hingga sekarang.

  • Perkembangan Komputer Generasi Kelima
Dalam sejarah perkembangan komputer, pengembangan komputer generasi kelima ini bertujuan agar dapat menghasilkan perangkat komputer yang dapat merespon, menggunakan bahasa yang digunakan manusia, diharapkan dapat mempelajari lingkungan di sekitarnya, serta dapat menyesuaikan dirinya sendiri.







Gimana udah tahu kan sekarang sejarah dan perkembangan komputer dari awal sampe sekarang di era sekarang, kita bakal memasuki dunia  artificial intelligence (kecerdasaan buatan) udah siap belum?? harus yaa apalagi berkontribusi dalam menciptakan ide teknologi masa kini dibutuhkan banget dimana- mana. Peserta Program Beasiswa Protonema 2022/2023












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Pengertian, Sejarah ,Fungsi Bahasa Pemograman Java

Istilah - Istilah dalam Configuration local storage and Configuration File System

Pengertian Restful Api, Fungsi Restful Api dll.