DATA TYPE : String



Data type dalam SQL (Structured Query Language) digunakan untuk menentukan jenis data yang disimpan dalam kolom tabel. Setiap kolom dalam tabel harus memiliki tipe data yang ditentukan untuk memastikan keakuratan dan konsistensi data.

APA ITU DATA TYPE STRING?

String SQL adalah string yang berisi sintaks SQL atau bahasa kueri struktur yang digunakan untuk mengambil atau memodifikasi data dalam basis data. String SQL dapat digunakan dalam bahasa pemrograman seperti Java, Python, C# dan lainnya, sebagai cara untuk berinteraksi dengan basis data melalui program.

String SQL biasanya berisi perintah-perintah seperti SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE dan perintah-perintah lainnya yang digunakan untuk memanipulasi data dalam basis data. String SQL juga dapat berisi klausa-klausa seperti WHERE, GROUP BY, ORDER BY dan HAVING yang digunakan untuk menyaring, mengelompokkan, mengurutkan dan menyusun data dalam basis data.

JENIS -JENIS TIPE DATA STRING :

1. CHAR

Char adalah tipe data yang digunakan untuk data srting yang ukurannya tetap dan Pada SQL, ketika kita mendefinisikan kolom dengan tipe data CHAR, kita harus menentukan panjang karakter maksimum dari nilai yang akan disimpan pada kolom tersebut. Tipe CHAR tidak jauh berbeda dengan tipe VARCHAR, namun tempat penyimpanannya selalu tetap. Byte pada tipe CHAR adalah 255.

Contoh:

CHAR(5), artinya batas karakter maksimal untuk kolom tersebut adalah sebanyak 5 karakter. Kemudian, dimasukkan nilai 'luka' maka data yang tersimpan adalah ('kita'+ 1 spasi).

2. VARCHAR

Tipe VARCHAR menyimpan data sebanyak karakter yang di-inputkan. Byte pada tipe VARCHAR juga sama dengan tipe data CHAR yaitu 255.

Contoh:

VARCHAR(8), kemudian dimasukkan nilai 'Muthia' maka data yang tersimpan adalah 6 karakter saja yaitu 'Muthia', sedangkan 2 lainnya tidak dianggap.

3. TINYBLOB

TinyBlob merupakan salah satu tipe data bloob yang memiliki ukuran terkecil dengan maximum penyimpanan 255 byte, dan maximum karakter 255 karakter. cocok untuk data yang berukuran sangat kecil.

4. BLOB

Blob itu sendiri yang memiliki ukuran maximum penyimpanan 65.535 byte (65 KB), dan maksimum karakter 65.535 karakter. cocok untuk gambar dengan ukuran sedang.

5. MEDIUMBLOB

MediumBlob seperti namanya menggunakan kapasitas medium / menengah yang memiliki ukuran penyimpanan 16.777.215 byte (16 MB). dan maksimum karakter 16.777.215 karakter. cocok untuk gambar dengan ukuran  yang cukup besar.

6. LONGBLOB

LongBlob yang memiliki ukuran penyimpanan 4.294.967.295 byte (4 GB). dan maksimum karakter 4.294.967.295. LongBlob sendiri sangat cocok untuk gambar / musik dengan ukuran yang sangat besar jika ingin dimasukkan ke dalam database.

7. TINYTEXT

TINYTEXT dapat digunakan untuk menyimpan data karakter yang relatif kecil seperti nama, alamat email, atau deskripsi singkat. Namun, jika Anda membutuhkan tipe data karakter yang lebih besar dari 255 karakter, maka Anda perlu menggunakan tipe data karakter yang lebih besar, seperti TEXT atau LONGTEXT.

8. TEXT

Tipe data TEXT adalah salah satu tipe data karakter yang digunakan dalam database untuk menyimpan data teks yang panjang, seperti dokumen teks, artikel, atau catatan. Tipe data TEXT tersedia dalam tiga ukuran yaitu TEXT, MEDIUMTEXT, dan LONGTEXT.

Tipe data TEXT dapat menampung sejumlah karakter yang lebih besar dari tipe data TINYTEXT. TEXT dapat menampung hingga 65.535 karakter, MEDIUMTEXT dapat menampung hingga 16.777.215 karakter, dan LONGTEXT dapat menampung hingga 4.294.967.295 karakter.

9. MEDIUMTEXT

Tipe data MEDIUMTEXT adalah tipe data karakter yang digunakan dalam database untuk menyimpan data teks yang panjang. MEDIUMTEXT merupakan tipe data karakter yang lebih besar dari TEXT dan lebih kecil dari LONGTEXT. Tipe data ini dapat menampung hingga 16.777.215 karakter.

MEDIUMTEXT sering digunakan untuk menyimpan data teks yang cukup besar, seperti artikel atau dokumen teks panjang. Tipe data ini dapat digunakan untuk menangani karakter yang beragam seperti huruf, angka, simbol, dan spasi.

10. LONGTEXT

Tipe data LONGTEXT adalah tipe data karakter yang digunakan dalam database untuk menyimpan data teks yang sangat panjang dan kompleks. LONGTEXT merupakan tipe data karakter yang paling besar dari tiga tipe data karakter teks yang tersedia di MySQL, yaitu TINYTEXT, TEXT, dan LONGTEXT.

LONGTEXT dapat menampung hingga 4.294.967.295 karakter, sehingga sangat cocok untuk menyimpan data teks yang sangat besar seperti dokumen, artikel, atau catatan. Namun, karena ukurannya yang sangat besar, penggunaan tipe data LONGTEXT dapat mempengaruhi kinerja database dan kecepatan query. Oleh karena itu, perlu dipertimbangkan dengan hati-hati ketika merancang struktur database.

11. ENUM

Tipe data ini disebut juga tipe data validasi yang data inputnya dideklarasikan lebih dulu.

Contoh: 

Data A, B, AB, dan 0, maka bentuk penulisannya adalah ENUM('A','B','AB','0'). Sehingga, data yang dibaca hanya yang dideklarasikan. Jika kamu memasukkan data 0B, maka data tersebut tidak akan terbaca.

12. SET

Tipe data ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan tipe data ENUM, namun memiliki byte sebesar N. Dengan keterangan, bahwa N adalah banyaknya data input, di mana setiap N bernilai 1 byte.


Contoh Tipe Data String SQL:


String SQL di atas mengambil data dari tabel_pengguna dan hanya memilih kolom nama dan umur dari pengguna yang berasal dari kota Jakarta, kemudian diurutkan berdasarkan umur secara menurun (DESC).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Pengertian, Sejarah ,Fungsi Bahasa Pemograman Java

Istilah - Istilah dalam Configuration local storage and Configuration File System

Pengertian Restful Api, Fungsi Restful Api dll.